Sabtu, 15 November 2014

Sedikit Sejarah Kerajaan Koto Anau


Sebuah Kerajaan yang konon telah ada sejak abad 12 pada masa pemerintahan Pitalo Jombang yang memperistri Puti Sari Mayang salah satu kerabat dari Raja Melayu di Jambi. Kerajaan Koto Anau diperkirakan berdiri sejak keturunan Raja Melayu yang sempat bersembunyi di Gunung Selasih (lebih dikenal dengan Gunung Talang) memperbesar wilayahnya.

istana kerajaan koto anau

Istana Kerajaan Koto Anau


Saat ini sulit untuk mencari ranji keturunan dari Raja Koto Anau ini. Tapi beberapa orang keturunan dari Raja Koto Anau antara lain Mohammad Saleh Dt. Bagindo Yang Dipatuan (1002-1020) pernah menjabat sebagai wali nagari di Koto Anau dan juga Thaher Dt. Bagindo Yang Dipatuan (1946-1948).

Sejarah ini semakin menarik dikarenakan adanya hubungan kekerabatan antara Raja Koto Anau dengan Raja Pagaruyuang dilihat dari garis keturunan yang sama berasalah dari Kerajaan Melayu. Bukti-bukti peninggalan Kerajaan Koto Anau juga telah dituliskan dala beberapa buku. Menjelaskan tentang peninggalan seperti Pandam kuburan, Tombak pusaka, Rumah gadang sembilan ruang, Tepian puti, Bekas Istana Raja Koto Anau di Kampung Dalam Koto Anau, Tempat mandi putri dan raja, Peralatan rumah tangga, Lesung salirik tujuh dan batu angkek-angkek.

Selain karena Sejarah, di kampung ini juga tersimpan destinasi Wisata yang tak kalah menariknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar